penolong yang sepadan

penolong yang sepadan

Dalam Kejadian 2:18-25 dan 12:10-20, kita melihat sebuah realita sejarah bahwa Allah adalah Sang Pencipta dan manusia serta segala isi dunia adalah ciptaan-Nya. Dalam Penciptaan yang dilakukan oleh Allah semuanya sangat baik dan sempurna. Hanya satu-satunya statement negatif dari Allah yaitu :

“Tidak Baik manusia seorang diri …”

Maka Hawa diciptakan oleh Allah, dibentuk oleh Allah dan dikaruniakan kepada Adam karena ia membutuhkan seorang penolong yang sepadan. Pertanyaannya adalah apa maksud dari sepadan dan penolong ?

Sepadan

Adam diciptakan sama uniknya dengan Hawa yaitu :

  1. memiliki relasi antara Allah ( Sang Pencipta ) dengan Others ( Ciptaan )
  2. memiliki ketaatan kepada Allah ( Sang Pencipta )
  3. punya tanggungjawab memenuhi bumi dan menaklukkannya.

Aku menyukai sebuah quote dari Matthew Henry :

” Perempuan diciptakan dari tulang rusuk pria, bukan dari kepalanya tuk memerintah di atas pria. Bukan pula diciptakan dari kaki untuk diinjak-injak di bawah pria. Tetapi Perempuan diciptakan dari sisi rusuk pria untuk dilindungi dan dikasih oleh pria “.

Meskipun demikian, bukan berarti kaum hawa lebih superior dari kaum adam. Di dalam pernikahan kristen, kenapa kaum hawa harus takluk di bawah kepimpinan kaum adam ? Disini kita harus melihat dari perspektif Allah memberlakukan prinsip ini yaitu karena Adam telah ditunjuk oleh Allah sebagai pemimpin keluarga dan Hawa sebagai penolong keluarga. Disini kita dapat memahami Allah yang menghargai konsep “headship” dan konsep “partnership”.

Penolong

Apa yang seharusnya ditolong oleh Hawa ?

Hawa harus menolong Adam untuk memenuhi bumi dan menaklukkan bumi. Disini ada relasi unik antara Adam dan Hawa untuk bersama-sama melaksanakan perintah Allah yaitu beranakcucu dan bertambahlah banyak. Konsep tersebut bukan hanya dilihat dari segi fisikal saja tetapi bagaimana Hawa lebih banyak memberikan waktu kepada anaknya untuk mempersiapkan mereka untuk menjadi anak-anak Allah yang melakukan perintah Allah. Jika kaum Hawa tugasnya hanya melahirkan anak maka apa bedanya kaum hawa dengan binatang ? Disini kaum Hawa dipercayakan Tuhan untuk membimbing anak-anak-Nya untuk menggumuli perjalanan kehidupan yang ” down to earth ” hingga mereka memenuhi bumi dan menaklukkannya dengan kebenaran Tuhan. Oleh karena itu, Berbahagialah kaum hawa di seluruh dunia karena engkau spesial diciptakan oleh Tuhan untuk senantiasa mendorong dan mendukung usaha manusia tuk melakukan dengan tuntas perintah Tuhan.

Puji Tuhan ! Segala Puji Hormat dan Kemuliaan hanya bagi Allah saja ! Syukur Bagi-Mu!

7 Comments

  1. Kristian said,

    July 5, 2007 at 2:26 pm

    Kesepadanan berarti juga saya bersedia dengan rendah hati menerima pertolongan pasangan saya agar saya menjadi orang yang lebih baik. Jadi karakter pasangan saya yang mungkin berbeda dari saya, gaya hidup pasangan saya yang juga berbeda dari saya akan Tuhan pakai untuk membentuk saya, sehingga pada akhirnya saya menjadi orang yang lebih baik.

    Nice Article … thanks. GBU

  2. nana said,

    July 4, 2008 at 5:40 am

    agree…kesepadanan bukan berarti semuanya sama, perbedaan akan ada tetapi dengan perbedaan yang ada ,kita bisa saling menerima untuk menyesuaikan dan membuat kita semakin bertumbuh menyenangkan dan taat pada TUHAN…seandainya kita cocok tapi tidak membuat kita semakin ingin dekat pada TUHAN…saya rasa itu bukan kesepadanan…
    TUHAN memberkati…

    • leonard said,

      September 22, 2009 at 10:55 am

      Syaloom,perbedaan jika dipadukan akan menjadi sesuatu yang indah.Asalkan perbedaan itu jangan terlalu mencolok yang satu tinggi kurus yang satunya pendek gemuk(maaf bukan untuk menyinggung).Dan yang utama jangan sampai berbeda :”KEYAKINAN”.GBU

  3. gunawan samuel said,

    September 21, 2009 at 12:44 pm

    dgn adanya website ini, sangat memberkati anak2 Tuhan, untuk menemukan jodoh yang bukan saja seiman ttp yg terutama penolong yang mengasihi Tuhan.

  4. Netty Palinggi said,

    February 17, 2010 at 5:56 am

    puji Tuhan dengan adanya room ini qta dapat menemukan pasangan yang sepadan dalam Tuhan

  5. MARIA NANY WIDJAJA said,

    September 28, 2010 at 5:21 am

    shallom jodoh yg sepadan hrs seimanan,tkt akn Tuhan,diberkti olh Tuhan.gbu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: